JENIS JENIS IKAN LAUT


Ikan Kuwe (Caranx Sexfasciatus) atau yang lebih dikenal dengan nama blue fin treavllyu, termasuk ikan dasar dari golongan predator. Sejatinya si Kuwe adalah ikan perairan berkarang dangkal dan berbatasan dengan laut terbuka.

Ikan kuwe memiliki lingkup “pergaulan” yang unik. Seperti halnya manusia, ikan kuwe pun gemar bercengkerama dengan teman sebayanya. Habitat ikan kuwe kecil lebih senang berada di dekat karang. Adapun ikan kuwe besar kebanyakan menyebar lebih jauh dan sering pula muncul ke permukaan.
Beberapa jenis ikan kuwe, seperti kuwe gerong, kuwe mata besar, kuwe rambut, dan kuwe sirip biru. Ikan ini bermasuk tangguh dalam mempertahankan hidupnya. Kendati begitu, perlu beberapa trik untuk memburunya. Para mania mancing menyarankan agar memburunya tidak secara troling. Sebab ada, risiko umpan tersangkut karang. Namun bisa saja Kuwe dipancing dengan troling bila memmakai umpan minow (Umpan tiruan berbentuk ikan).


Banyak jenis umpan yang bisa dipakai untuk memancing ikan kuwe. Seperti bentuong, bandeng, kacang-kacang, cendero, ikan terbang. Bisa juga cumi-cumi. Bila memakai umpan tyiruan, ada umpan minow, konahead (cumi-cumian dari plastik), umpan dari plastik lunak (palstic jig). Apabila memakai umpan ikan hidup, timah bisa juga ditambahi pemberat agar posisinya ada di bawah permukaan.

Untuk pemancing ikan kuwe gerong berukuran besar bisa juga menggunakan cara kasting dari pantai (surf casting), dari tebing (rock casting), secara koncer (mancing di atas kapal yang jangkarnya dilego dengan memakai umpan ikan hidup), atau bisa juga mancing di atas kapal yang hanyut oleh arus (drifting).

Ikan kuwe termasuk ikan segala musim. Artinya, bisa dipancing sepanjang tahun. Meski begitu, kan tersebu terbanyak pada awal musim hujan seperti November-Maret.

Ada beberapa tempat yang konon banyak ikan kuwenya, seperti Karang Kryoya, Karang Kaimun, Karang berak, dan Karang Susuh yang berada di Teluk Jakarta. Bisa juga di Tanjungan timur Pulau Sang Hyang di Anyer Jawa Barat. Jika di Muara binuangeun di Pulau tinjil dan Pulau Deli. Kalau ke Ujung Kulon Jawa Barat di Daerah Batu Asin dan Tanjung Waton. Jika di Pelabuhan Ratu di Karang Handap, Karang Bolong, atau Slodong Barat.

Sumber :
Widiastuti – Layar, Edisi 04, Tahun 1 Pebruari 2006
dari berbagai sumber
http://dfc-group.blogspot.com/2010/10/ikan

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Top